Thursday, November 11, 2010

Obat Penunda Haid

Setelah memesan tiket pesawat untuk ke Phuket, aku baru sadar kalau di tengah - tengah trip nanti, aku bakal dapat haid. Dan itu bikin aku sempat panik karena kalau sampai aku haid di sana, aku akan kehilangan beberapa kali kesempatan untuk berenang / snorkelling / watersports yang lain. Belum lagi, biasanya haid aku cukup banyak, jadi rasanya ga nyaman aja mesti sibuk cari - cari toilet untuk ganti pembalut sepanjang perjalanan nanti.

Akhirnya aku cari - cari di google untuk obat yang bisa menunda haid. Ketemulah Primolut N! Katanya obat ini gampang didapat di apotek dan ga usah pakai resep dokter segala. Setelah membaca banyak artikel tentang obat itu di google dan juga tentang efek sampingnya, satu hari sebelum berangkat ke Phuket, aku beli Primolut N di salah satu apotek yang terletak di dalam sebuah mall. Awalnya aku sedikit pesimis bakal dapat obatnya di sana, segampang itu. Ternyata, Primolut N memang dijual di sana. Sayangnya, staff penjualnya ga tahu jelas cara penggunaannya. Tapi karena waktunya juga sudah mepet, ga sempat ke apotek lain lagi, aku beli juga obatnya di sana dan sekali lagi, konfirmasi di google untuk cara pemakaiannya.




Menurut beberapa artikel di google, aku harus mulai makan Primolut nya 3 hari sebelum waktu haid datang dan terus sampai trip aku selesai. Dosis sehari adalah 3 kali minum, masing - masing 1 pil. Ada yang menyebutkan bahwa obat ini untuk efektif, harus diminum di jam - jam yang sama tiap harinya. Misalnya, hari ini minum jam 9 am, 3 pm dan 9 pm, besoknya juga harus tepat jam segitu. Aku coba dengan cara itu, cuma bertahan dua hari. Hari - hari selanjutnya ada selisih waktu setengah sampai satu jam. Maklumlah, lagi liburan...susah untuk melihat jam terus - terusan. 




Ternyata, obatnya berfungsi dengan baik :) meskipun aku minumnya di jam yang ga sama. Aku minum itu sampai hari terakhir trip aku, dan setelah berhenti minum obatnya selama 2 hari, haid ku kembali datang. Sejauh ini, aku ga merasakan sedikit pun efek sampingnya. Tapi kondisi tubuh tiap orang memang berbeda. Sebelum minum obat ini, lebih baik memang berkonsultasi dengan dokter dan mengerti dengan baik kontra indikasinya dan efek samping yang mungkin timbul. Karena takutnya, kalau obat ini ga sesuai dengan kondisi tubuh kita, takutnya malah bisa berakibat fatal.

So, stay healthy and have a nice day ^-^








5 comments:

  1. Hai Friend, apa khabar?
    Saya buat postingan baru nich.
    Kalau sempat silahkan mampir di blog saya, yaa…
    http://sosiomotivation.blogspot.com
    Kita bisa berbagi tentang motivasi.
    Selamat menikmati, semoga bermanfaat.
    Thanks.

    ReplyDelete
  2. mbak.. saya jg mau ke bali rencananya tgl 16 ini.. kalo bulan kemaren sih menstruasi saya skitar tgl 21.. brarti saya minum primolut sekitar tgl berapa ya?
    trus katanya setelah minum itu keesokan harinya timbul bercak2 ya? bercaknya banyak gak?
    saya deg2an juga ni takut menstruasi pas disana, kan bisa kacau masa' liburan ke pantai malah menstruasi :((
    mohon dibagi pengalamannya selama memakai primolut y mbak :)

    ReplyDelete
  3. @Amelia : waduh, maaf ya...baru bisa nge-blog lagi sekarang. Gimana jalan-jalan ke Bali nya? :)
    Memang sih, setelah minum primolut, sempat ada bercak-bercak gitu, tapi ga banyak kok.
    Cuma reaksi tiap orang setelah mengonsumsi suatu jenis obat kan beda-beda, jadi untuk lebih amannya, memang saya rekomen untuk cek-cek ke dokter dulu :)

    ReplyDelete
  4. maaf mbak,kalau minumnya 2kali sehari ampuh gak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Ghea, saya kurang tau deh klo diminumnya cuma 2x sehari bisa berhasil atau ga. mungkin bisa coba ditanyakan ke dokter atau ke apotekernya :)

      Delete