Thursday, November 11, 2010

Obat Penunda Haid

Setelah memesan tiket pesawat untuk ke Phuket, aku baru sadar kalau di tengah - tengah trip nanti, aku bakal dapat haid. Dan itu bikin aku sempat panik karena kalau sampai aku haid di sana, aku akan kehilangan beberapa kali kesempatan untuk berenang / snorkelling / watersports yang lain. Belum lagi, biasanya haid aku cukup banyak, jadi rasanya ga nyaman aja mesti sibuk cari - cari toilet untuk ganti pembalut sepanjang perjalanan nanti.

Akhirnya aku cari - cari di google untuk obat yang bisa menunda haid. Ketemulah Primolut N! Katanya obat ini gampang didapat di apotek dan ga usah pakai resep dokter segala. Setelah membaca banyak artikel tentang obat itu di google dan juga tentang efek sampingnya, satu hari sebelum berangkat ke Phuket, aku beli Primolut N di salah satu apotek yang terletak di dalam sebuah mall. Awalnya aku sedikit pesimis bakal dapat obatnya di sana, segampang itu. Ternyata, Primolut N memang dijual di sana. Sayangnya, staff penjualnya ga tahu jelas cara penggunaannya. Tapi karena waktunya juga sudah mepet, ga sempat ke apotek lain lagi, aku beli juga obatnya di sana dan sekali lagi, konfirmasi di google untuk cara pemakaiannya.




Menurut beberapa artikel di google, aku harus mulai makan Primolut nya 3 hari sebelum waktu haid datang dan terus sampai trip aku selesai. Dosis sehari adalah 3 kali minum, masing - masing 1 pil. Ada yang menyebutkan bahwa obat ini untuk efektif, harus diminum di jam - jam yang sama tiap harinya. Misalnya, hari ini minum jam 9 am, 3 pm dan 9 pm, besoknya juga harus tepat jam segitu. Aku coba dengan cara itu, cuma bertahan dua hari. Hari - hari selanjutnya ada selisih waktu setengah sampai satu jam. Maklumlah, lagi liburan...susah untuk melihat jam terus - terusan. 




Ternyata, obatnya berfungsi dengan baik :) meskipun aku minumnya di jam yang ga sama. Aku minum itu sampai hari terakhir trip aku, dan setelah berhenti minum obatnya selama 2 hari, haid ku kembali datang. Sejauh ini, aku ga merasakan sedikit pun efek sampingnya. Tapi kondisi tubuh tiap orang memang berbeda. Sebelum minum obat ini, lebih baik memang berkonsultasi dengan dokter dan mengerti dengan baik kontra indikasinya dan efek samping yang mungkin timbul. Karena takutnya, kalau obat ini ga sesuai dengan kondisi tubuh kita, takutnya malah bisa berakibat fatal.

So, stay healthy and have a nice day ^-^








22 comments:

  1. mbak.. saya jg mau ke bali rencananya tgl 16 ini.. kalo bulan kemaren sih menstruasi saya skitar tgl 21.. brarti saya minum primolut sekitar tgl berapa ya?
    trus katanya setelah minum itu keesokan harinya timbul bercak2 ya? bercaknya banyak gak?
    saya deg2an juga ni takut menstruasi pas disana, kan bisa kacau masa' liburan ke pantai malah menstruasi :((
    mohon dibagi pengalamannya selama memakai primolut y mbak :)

    ReplyDelete
  2. @Amelia : waduh, maaf ya...baru bisa nge-blog lagi sekarang. Gimana jalan-jalan ke Bali nya? :)
    Memang sih, setelah minum primolut, sempat ada bercak-bercak gitu, tapi ga banyak kok.
    Cuma reaksi tiap orang setelah mengonsumsi suatu jenis obat kan beda-beda, jadi untuk lebih amannya, memang saya rekomen untuk cek-cek ke dokter dulu :)

    ReplyDelete
  3. maaf mbak,kalau minumnya 2kali sehari ampuh gak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Ghea, saya kurang tau deh klo diminumnya cuma 2x sehari bisa berhasil atau ga. mungkin bisa coba ditanyakan ke dokter atau ke apotekernya :)

      Delete
  4. Mbak aku tanya donk...beneran primolut nya gak harus pakai resep dokter?? Harganya berapa tuh mbak??

    ReplyDelete
  5. Mba klo sehari sebelum datang mens.. Primolut ini ampuh gak,tuk menunda mens nya dulu.. Besok saya akan liburan skrg sy sudah mulai merasakan mau mens mba..

    ReplyDelete
  6. di APOTEK indo saja ya obat ni? di aptek luar indo ada g ya? kebetulan sy berada di singapore

    ReplyDelete
  7. Wah siip ni ngebantu banget kebetulan masalahnya sama takut ga bisa menikmati momen snorkling ni.thanks infonya

    ReplyDelete
  8. Mba ini bisa langsung mampet ya soalnya saat kebersamaan aku sdh merasakan ada bercak klu besok minum apa bisa langsung berhenti tlng infonya mkch sblmnya

    ReplyDelete
  9. mbk saya hri ini sdah mulai brcak' gtu,kli sma mnum itu bsa brhnti ga ya bsoknya,soalny saya bsok ad resepsi nikahan,jdi tkut risih gtu mbk,bsa gk mbak ya brhnti?
    mohon infony

    ReplyDelete
  10. Saya dl sering dresepkan primolut olh dkter kndnganku..utk promil....n utk mberhentikan haid jg bisa...sehari mnum 1x aja bsoknya lngsung berhnti 1hri..tp besoknya lg mens lg..jd klo mw lbrn mnm aja slama 5 hari, n sharinya ckup 1 jg ga papa...itu sh yg ak tahu..tp lbh baik konsltsikan k apoteker or dktrny J.

    ReplyDelete
  11. kalo boleh tau harganya kira2 berapa ya ? harus beli satu dus atau boleh ever ?

    ReplyDelete
  12. 50rb-an per papan, aku belinya segitu sih.. Jangan lupa mampir ke blog aku ya! ^^ klo sempet, klo punya waktu, klo mau aja..

    ReplyDelete
  13. Q rencana ada trip tgl 8 - 11 desember ini, nah tgl menstruasi q tgl 5 setiap bulannya dan bs sampai seminggu lbh baru kelar. Pengen bgt nyoba obat ini, aman ga ya? secara q pernah ada kista, dan baru operasi setahun yang lalu

    ReplyDelete
  14. Makasiii Infonya.. bermanfaat banget ... so happy nemuin blog kamu :)
    Thank you ya!!!

    ReplyDelete
  15. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  16. Primolut saya minum saat saya sudah haid hari pertama, saya minum jam 6 malam 1 tablet , 1 lg minum jam 9 pertanyaan saya hari pertama haid minum primolut apa akan baik2 saja? Tdk ada masalah dengan rahim aku thanks mohon di reply

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mbk aku mau tanya gimana stlh minum obatnya karna kasusnya sama persis dg aku.. Bisa tertunda g mbk.. Ak lusa rencana trip ke bali.. Mohon infonya.. Tks

      Delete
  17. Apa ada efek sampingnya sis selama pemakaian takut ada efek sampingyaa

    ReplyDelete
  18. Mau tanya sonk mbak,,, aq minum obat ini jg pas tanggalan haid. Tapi udah 3 hari setelah minum obat kok blum haid ya???
    Makasi

    ReplyDelete
  19. Mbak saya mau tanya ' skrng saya lagi liburan nie ' tapi saya skrng lagi datang bulan ' klau saya mau berhentikan bisa gak minum obat ini' kira2 di singapore ada jual dimana yaa !! Kebetulan daya lagi disingapore mbak !! Tolong donk infonya

    ReplyDelete
  20. Saya baru saja menggunakan obat penunda haid ini untuk keperluan ibadah umroh, tp saya adalah salah satu yang merasakan efek samping dr obat ini. Setelah berhenti konsumsi obat, mens saya tdk keluar, alhasil kondisi badan saya benar2 gak nyaman seperti orang ngidam (mual, migren,sakit badan dan tdk semangat untuk mengerjakan segala hal). Saran saya, klo tidak sangat mendesak, lebih baik hindari obat penunda haid ini, demi kesehatan dan kenyamanan badan anda!

    ReplyDelete