Saturday, November 13, 2010

Phuket - Day 2 : Patong and Phuket FantaSea

Hari kedua di Phuket.

Semalam, waktu kita makan di Subway, di ujung jalan Sawatdirak Rd., kita sudah memesan trip ke James Bond island, untuk pagi ini, di sebuah stand tour yang terletak persis di sebelah Subway. Rencananya, kita akan dijemput di guesthouse jam 10 - 10.30 am. Ada banyak pilihan tour ke James Bond island dengan harga dan kualitas yang berbeda pula. Makin mahal harga tour nya, makin bagus kualitasnya, itu kata Mary -anak pemilik guesthouse kita yang juga mengelola kantor travel di guesthouse yang kita tempati. Setelah pilih - pilih beberapa brosur, akhirnya kita memilih salah satu tour yang ada kegiatan canoeing nya. Harga per orangnya adalah B 900.

Jadi pagi ini, kita bangun sekitar jam 7 am, mandi - mandi dan mempersiapkan barang - barang yang akan kita bawa untuk keperluan tour, seperti kamera, baju ganti, topi, dll. Setelah semua beres, kita menuju ke bawah untuk sarapan pagi. Karena di guesthouse kita ga disediakan sarapan, semalam kita beli mie instan di 7-eleven. Kita tinggal seduh dengan air panas yang disediakan gratis untuk kita di bawah. Ada mie rasa tom yum, ada mie rasa babi panggang dan hubby malah dapat mie yang dalamnya ada daging babi dan jamur benerannya -bukan cuma perasa / bumbu saja. Mmm...enak banget! Harga mie nya sekitar B 20 - 30, ga terlalu mahal, lah...karena porsi mie nya juga cukup banyak.

Ini mie yang dimakan hubby seharga B 30 : tampak luar

Ini nih tampak dalamnya, ada pork nya dan jamur

Setelah sarapan selesai, kita duduk - duduk, ngobrol dan ngopi sambil menunggu waktu penjemputan. Sekitar jam 10 am, staff di kantor guesthouse memanggil aku, katanya ada telpon dari agen tour. Ternyata setelah aku bicara langsung di telpon, trip ke James Bond island hari itu dibatalkan karena cuaca di sana ga bagus. Uuhh..sempat kecewa juga, sih karena sudah siap - siap tapi kita berterima kasih juga sama dia untuk pemberitahuannya dan bagus juga, lah mereka ga memaksakan diri untuk tetap jalankan tour nya hari itu. Dia juga bilang, mungkin besok atau lusa, cuaca sudah membaik dan kita bisa berangkat ke James Bond island. Tapi kalau masih mau pikir - pikir, kita bisa ambil kembali uang kita di tempat travel agent di mana kita booked tour nya.

Setelah aku kasih kabar mengenai pembatalan trip nya ke yang lain, kita memutuskan untuk jalan - jalan saja di sekitar Patong sekalian ambil duit refund. Sebelumnya, karena trip hari ini batal, kita pesan tiket untuk Phuket FantaSea malam ini melalui travel agent guesthouse. Untuk antar jemput, show dan makan malamnya, masing - masing harus membayar B 1750, ga bisa ditawar lagi. Ya sudahlah...aku dengar kalau pertunjukan  di Phuket FantaSea bagus banget dan makan malamnya adalah buffet all you can eat. Jadi, oke...we booked it, the show and the dinner!

Kalau tadi pas kita siap - siap, cuaca cerah agak mendung sedikit, sekarang sudah mulai hujan. Untung hubby dan aku sudah mempersiapkan jas hujan dari rumah. Jadi kita jalan - jalan dengan memakai jas hujan. Pagi itu jalanan masih sepi, dari kemarin juga ga terlihat terlalu banyak turis lalu lalang di jalanan, apalagi pantai. Mungkin karena hujan atau memang high season belum benar - benar dimulai.

Sesampainya di travel agent, penjaganya minta maaf karena pembatalan trip nya dan dia menawarkan untuk mengganti trip nya untuk besok atau lusa karena menurut orang - orang di Phuket, cuaca buruk / hujan akan berakhir hari ini. Tapi karena kita masih belum yakin, kita bilang kalau kita minta refund saja. Kembali dia minta maaf karena uang yang kita bayar ke dia masih ada di boss nya. Katanya, kita bisa balik ke dia malam ini untuk refund atau besok pagi, saat itu uangnya pasti sudah siap. Kita pun maklum akan hal ini, karena memang pembatalan trip yang mendadak. Kita janji sama dia untuk ambil refund nya besok pagi karena malam ini kita sudah ada acara untuk ke FantaSea.

Seharian itu kita menyusuri jalan Rat-U-Thit sampai ke Jungceylon mall. Di sana kita window shopping dan makan siang di food court nya. Setelah itu, kita kembali ke hotel melewati pantai. Main - main sebentar di pantai, sedikit foto - foto, dengan kondisi cuaca gerimis dan cukup dingin.

Sesampainya di hotel, kita mandi - mandi karena hari sudah cukup sore dan tidur - tiduran sebentar sebelum turun kembali ke bawah untuk menunggu minivan yang akan menjemput kita.

Phuket FantaSea
Ga lama menunggu di bawah, minivan pun datang. Kita menyerahkan voucher / bukti pembayaran tiket ke sopirnya dan masuklah kita ke van. Minivan nya luas, bersih dan dingin. Ternyata kita orang pertama yang dijemput jadi kita bebas mau duduk di mana saja dan pastinya kita bertiga duduk di deretan depan.

Kita mampir ke beberapa hotel untuk menjemput beberapa orang lagi yang semobil sama kita, mayoritas bule. Ada satu orang yang ditunggu agak lama ga datang juga, jadi ditinggal deh sama sopirnya. Dia bilang kalau dia sudah ga bisa tungguin lagi karena sudah lewat 10 menit orangnya ga kelihatan batang hidungnya di lobby. Wuiihh...jam karet ga berlaku di Phuket!

Ga berapa lama, setelah melewati jalan yang berkelok - kelok, sampailah kita di FantaSea. Begitu kita turun dari mobil, hujan pun turun. Sesuai instruksi dari sopir, aku langsung antri untuk menukarkan voucher / bukti pembayaran dengan tiket masuk ke FantaSea. Antrian berjalan dengan tertib dan diorganisir dengan sangat baik sehingga meskipun antrian panjang, aku ga butuh waktu lama untuk mendapatkan tiketnya. Setelah urusan tiket selesai, kita memanfaatkan waktu sebelum waktu dinner untuk foto - foto di sekitar lokasi. Ini nih beberapa foto - fotonya :

Burungnya beneran, gambar belakangnya bohongan

Harimau beneran juga

Kolam ikan koi, bisa beli makanan ikan seharga B 100
Ada banyak stand yang menjual berbagai macam souvenir di sana. Dan banyak sekali tempat menarik untuk foto - foto, tapi kita ga bisa terlalu lama di sana, karena kita masih ada dinner sebelum pertunjukan dimulai. Begitu masuk ke restorannya, yang katanya bisa menampung sampai 4000 orang, kita sempat terkagum - kagum dengan interiornya. Semuanya terlihat begitu mewah dan makanannya...wuiihhh...melimpah! Mulai dari salad, bakmi, segala macam daging, dan kue - kue juga teh dan kopi yang semuanya all-you-can-eat. Di sana kita menghabiskan waktu sekitar 1 jam. Ada banyak makanan lain yang masih pengen aku coba tapi apa daya, perut sudah ga muat lagi :))

Golden Kinnaree buffet  resto

Salah satu patung di dalam restonya

Untuk menonton shownya, kita harus mulai masuk ke tempat pertunjukannya sekitar 20 menit sebelum shownya dimulai. Untuk yang membawa kamera / video, harus menitipkannya di tempat penitipan yang sekali lagi, benar - benar diorganisir dengan baik. Gedung pertunjukannya sangat megah dan bersih. Dan aku benar - benar menikmati pertunjukannya. Ini memang salah satu show / event yang ga boleh dilewatkan kalau kita mengunjungi Phuket. Nonton deh, ga bakalan nyesel!

Palace of the Elephants : tempat pertunjukannya

Selesai show, kita langsung menuju ke bagian pengambilan kamera. Sekali lagi aku kagum karena dengan begitu banyaknya orang yang menitipkan kamera / videonya, proses pengambilan berlangsung dengan cepat. Begitu kita keluar dari gedung pertunjukannya, hujan menyambut kita. Sambil kehujanan, kita menuju ke tempat di mana kita bisa menemukan sopir dan minivan yang akan membawa kita kembali ke hotel.

Seperti waktu dijemput, waktu pulangnya kita juga yang pertama kali diantar. Mungkin posisi guesthouse kita cukup strategis, ya :) Malam itu, kita sudah ga ke mana - mana lagi. Habis mandi, ngobrol - ngobrol sebentar di kamar dan akhirnya tidur. Hari ini benar - benar luar biasa! Beautiful beach, great dinner, fabulous show...oh, how I love Phuket!