Tuesday, November 16, 2010

Phuket - Day 3 : Wandering around Patong

"One's destination is never a place, but a new way of seeing things." - Henry Mill

Hari ini kita bangun agak siang. Semalam sengaja kita mematikan alarm karena hari ini ga ada keharusan untuk bangun pagi. Setelah mandi dan ngopi - ngopi di bawah, kita memulai hari ketiga kita di Phuket.

Always trust locals about the weather! Perkiraan cuaca yang kita dapat dari orang lokal, lebih mantap daripada daftar perkiraan cuaca yang kita lihat di Google. Kemarin si mba yang jaga stand travel di sebelah Subway -di tempat kita memesan tour ke James Bond island- bilang kalau hari ini cuaca sudah mulai bagus. Benar saja! Dari mulai bangun pagi sampai saat kita mulai jalan ke stand tersebut untuk mengambil refund, sesuai perjanjian kemarin, cuacanya benar - benar berbeda dari kemarin dan kemarin lusa. Matahari sudah mulai kelihatan dan cuacanya ga sepanas di Jakarta. It's perfect!

Karenanya, begitu ketemu sama si mba travel, kita langsung memutuskan untuk ga jadi ambil refund nya dan mengambil tour pengganti ke James Bond untuk besok pagi. Si mba menelpon boss nya untuk menanyakan kesediaan tempat untuk kami bertiga untuk perjalanan besok, dan ternyata OK. Jadi perjalanan ke James Bond yang tertunda kemarin, bisa direalisasikan besok. Untuk foto brosur dan itinerary ke James Bond island, sekalian aku sertakan besok saja, ya :)

Sebenarnya, karena hari ini kita free, ga ada aktivitas tertentu, aku pengen ambil city tour setengah hari. Tapi ternyata hubby dan teman mau jalan - jalan di sekitar Patong saja sambil cari oleh - oleh. Ya okelah kalau begitu :) Jadi akhirnya, kita menyusuri jalan Rat-U-Thit di mana terdapat beberapa penjual souvenir, kaos murah, tas, kacamata hitam, jam, dll. di pinggir jalan. Sama seperti di Jakarta, trotoar dipakai untuk berjualan. Tapi bedanya kalau di Patong, masih ada sisa trotoar yang cukup lebar untuk dilewati 2 / 3 orang. Ga seperti semalam, siang ini ga terlalu banyak yang berjualan di sepanjang jalan. Sepertinya mereka mulai berjualan saat sore hingga malam hari.

Kita meneruskan berjalan sampai di Jungceylon mall dan langsung menuju ke basement nya, di mana banyak dijual souvenir - souvenir khas Thailand dengan harga lumayan murah dan masih bisa ditawar. Di sana, kita membeli beberapa tas khas Thailand dan pashminas untuk oleh - oleh. Setelah puas berkeliling di basement, teman dan hubby makan siang di Burger King -aku masih belum lapar, jadi cuma ikutan duduk :)

Burger King di Jungceylon mall

Kemudian kita menuju ke lantai atas di mana kita menemukan sebuah toko sports yang menjual peralatan diving. Dan...di sinilah kita menghabiskan waktu, yang menurut aku, lama banget...karena kebetulan hubby dan temannya tergila - gila diving -padahal belum punya sertifikatnya, tuh ;p .

Kaki berasa pegal saat keluar dari toko tersebut...akhirnya. Di sana ga ada tempat duduk dan selama mereka berdua menghabiskan waktu dengan melihat - lihat perlengkapan diving, aku jalan - jalan saja di sekitar situ. So finally, kita keluar dari sana dengan membawa hasil belanjaan sepatu boot diving untuk teman dan aku (hubby maksa beliin...katanya lebih aman kalau snorkelling atau berenang di laut pakai itu), masker untuk teman dan gloves untuk hubby. Saat pembayaran, kita harus mengisi formulir untuk mengurus VAT di bandara waktu kita pulang nanti. Lumayan juga kalau belanja di toko yang ada tanda / stiker VAT nya. Itu berarti kita akan dapat refund atas barang yang kita beli, kalau ga salah sekitar 7%.

Keluar dari mall, kita mampir ke beberapa toko yang menjual perlengkapan diving karena teman masih belum menemukan gloves yang pas buat dia. Ditambah lagi, teman di Jakarta yang tiba - tiba online nitip boot juga. Setelah mengunjungi beberapa toko, titipan boot sudah ok, tapi gloves masih belum didapat juga. Karena capek, kita break dulu pencarian gloves untuk hari ini dan jalanlah kita menuju pantai.

Ga seperti kemarin, hari ini banyak turis yang berjemur di pantai. Sepertinya high season sudah dimulai hari ini. Daripada menyewa kursi pantai, kita duduk saja di pasirnya, karena kita ga akan lama di sana. Benar saja, ga berapa lama, hubby kepanasan dan aku mulai berpikir enaknya makan es krim panas - panas begini. Kita langsung mencari toko yang jual es krim dan ga jauh dari situ, di seberang pantai ada satu toko es krim lebih tepatnya gelato, yang bernama Time Out. Dan ke sanalah kita menuju....

Salah satu gelato yang kita makan : rasa kiwi, vanilla dan peach
AC yang dingin, gelato yang nikmat dan pastinya dingin, membuat otak serasa meleleh. Hilang sudah perasaan panas yang tadi kita rasakan di pantai. Kita sudah mau balik ke hotel waktu kita sadar bahwa sebentar lagi waktunya sunset. Jadi kita memutuskan untuk balik ke pantai yang hanya terletak di seberang jalan dan menunggu sunset sambil foto - foto.

Tuk - tuk di Phuket

Orang - orang yang juga menunggu sunset di Patong beach

Aku dan hubby foto bareng Max, a sweet golden retriever yang lagi jalan - jalan di pantai

Menunggu sunset

Sunset yang tertutup awan

Karena hari sudah mulai gelap, kita meninggalkan pantai dan menuju guesthouse. Dalam perjalanan, kita sempat berhenti di sebuah night market yang menjual baju - baju / kaos, rok, kain pantai dll. Hanya dalam hitungan menit, aku mendapatkan satu buah dress, satu buah rok dan satu buah tank top. Fiuuhhh..benar - benar hari belanja, deh!

Jadwal kita besok adalah mengunjungi James Bond island, jadi setelah mampir beli makan malam -barbequed chicken wings langganan- kita mandi - mandi, membongkar barang belanjaan hari ini dan kemudian beristirahat.